Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Ini Dia Ilmu Tangkal Hoax ala Gubernur NTB

Ini Dia Ilmu Tangkal Hoax ala Gubernur NTB Warta Ekonomi.co.id, Lombok - Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansy...

Ini Dia Ilmu Tangkal Hoax ala Gubernur NTB

Warta Ekonomi.co.id, Lombok -

Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah menyebutkan media sosial saat ini harus sehat dari berita-berita hoaks sebab akhir-akhir ini berita hoaks yang beredar di media sosial sering kali meresahkan masyarakat.

Ia menilai masyarakat saat ini sering disuguhkan dengan isu-isu yang mengandung ujaran kebencian, saling fitnah serta memprovokasi. Karena itu untuk menghindari meluasnya berita hoaks, menurut Zul masyarakat perlu diberikan sosialisasi dan pendidikan yang utuh mana yang disebut hoaks dan mana yang bukan hoaks, termasuk, memilih materi berita yang baik untuk disebarkan atau tidak.

"Caranya dengan mengikutkan mereka pada kegiatan-kegiatan pelatihan seperti ini," ujarnya.

Menurut dia, melibatkan masyarakat dalam kegiatan pelatihan-pelatihan, berita yang validitas tidak teruji dan jauh dari unsur kebenaran tidak lagi menyebar di Medsos.

"Saat ini kita tidak bisa mengontrol berita di Medsos. Tapi, ini akan semakin membaik. Hanya saja perlu proses," katanya pada acara yang diinisiasi Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) NTB itu.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelatihan, Lalu Okto Muhar Sabdi menjelaskan kegiatan tersebut digelar untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat mengenal jenis-jenis berita. Termasuk mengenal dan mengidentifikasi berita hoaks. Selain itu, kata dia, kegiatan tersebut dihajatkan untuk mengenal program dan aplikasi media masa kini, ternasuk mengetahui cara pengambilan gambar media dan praktek pembuatan karya media.

"Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah mahasiswa, pemuda, jurnalis, kelompok sadar wisata dan NGO," katanya.

Sumber: Berita Nusa Tenggara Timur

Reponsive Ads